Indonesia memiliki lebih dari 100 danau alami serta danau buatan. Danau terbesar di Indonesia ternyata berada di pulau Sumatera. Pastinya danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan juga di Asia Tenggara. Selain danau Toba yang luas dan indah, Indonesia juga masih memiliki banyak danau alami yang luas dan besar serta menarik untuk dikunjungi. Ente mau....
Berikut adalah 10 danau terbesar di Indonesia.

Danau Toba

 
Danau Toba adalah sebuah danau Tektovulkanik terbesar di Sumatera yang terletak di Provinsi Sumatera Utara.
Dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer.
Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.
Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

Danau Singkarak
Danau Singkarak berada di antara dua kabupaten di provinsi Sumatera Barat, Indonesia, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.
Danau ini memiliki luas 107,8 km² dan merupakan danau terluas ke-2 di pulau Sumatera.
Panjang danau Singkarak adalah 20 km dengan lebar 6,5 km dan kedalaman 268 meter.
Danau ini merupakan hulu sungai Batang Ombilin.
Sebagian air danau ini dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung yang berada di kabupaten Padang Pariaman.

Danau Laut Tawar
Sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Propinsi Nanggröe Aceh Darussalam.
Suku Gayo menyebutnya dengan Danau Lut Tawar.
Luasnya kira-kira 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,2 km.

Danau Poso
Danau Poso merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Poso.
Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km.
Danau ini terletak pada ketinggian 657 m dpal.

Danau Maninjau

Danau Maninjau terletak di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Maninjau adalah danau vulkanik yang berada pada ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut dengan luas 99,5 km persegi dengan panjang 16 km dan lebar 7 km.
Danau Maninjau merupakan sumber air untuk sungai bernama Batang Sri Antokan. Di salah satu bagian danau yang merupakan hulu dari Batang Sri Antokan terdapat PLTA Maninjau.

Danau Ranau
Danau Ranau terletak di wilayah Sumatera bagian selatan antara propinsi Lampung dan Propinsi Sumatera Selatan. Tepatnya terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Propinsi Sumatera Selatan.
Luas Danau ini adalah 128 km persegi dengan panjang 16 km dan lebar 8 km. Di danau ini terdapat juga sumber air panas sehingga menjadikan daya tarik untuk dikunjungi.

Danau Towuti