PART 1::
Letih, mengantuk dan sering menguap ketika di kantor hampir pernah dirasakan oleh semua pekerja. Mengantuk memang hal yang alamiah, tapi jika terus berlangsung selama jam kerja dapat mengganggu performa kerja Anda.
Banyak penyebab rasa lemas dan ngantuk timbul di tengah hari. Kurang tidur, makan siang yang terlalu banyak atau pun stres merupakan kondisi yang memicu ngantuk berlebih. Lalu bagaimana mengatasi rasa kantuk saat dituntut harus produktif di kantor? Berikut tipsnya.

Minum teh hijau
Kopi sering dijadikan solusi pencegah kantuk. Tapi, terlalu sering minum kopi juga tidak terlalu baik bagi kesehatan dan menyebabkan ketergantungan. Cobalah ganti kebiasan minum kopi dengan teh hijau. Seperti dikutip Times of India, kopi mengandung L-theanine yang dapat mengurangi rasa lelah dan kantuk. Teh yang berasal dari Negri Cina itu juga dapat meningkatkan kewaspadaan kerja.
Berdiri dari kursi
Duduk di kursi selama berjam-jam membuat tubuh letih, sehingga memicu rasa kantuk. Dikutip RealBeauty, untuk menghindari kelelahan, ada baiknya rutin berdiri dari kursi untuk meregangkan otot atau berjalan sejenak di kantor. Berdirilah satu jam sekali dan satukan kedua tangan dibelakang bokong. Perlahan, lakukan perenggangan dengan menarik kedua tangan ke arah bawah dan tahan selama satu detik, kemudian lemaskan kembali. Ulangi gerakan ini sebanyak enam hingga delapan pengulanagan setiap satu jam.


Tidur lima menit
Menurut dr. Hiromi Shinya, seorang pakar enzim, rasa kantuk setelah makan siang merupakan hal normal. Hal tersebut karena banyak enzim yang digunakan ketika bangun dan bergerak. Memaksakan tubuh untuk tetap bekerja malah membuat Anda kurang berkonsentrasi dan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Bila tubuh memberikan sinyal lelah atau ngantuk, sebaiknya turuti tanda tubuh tersebut.
Untuk memulihkan kondisi lemah dan letih tersebut, tubuh hanya membutuhkan tidur selama lima menit untuk mengembalikan kondisi semula. Agar istirahat yang Anda lakukan berjalan efektif, carilah tempat yang tenang, di mana Anda tidak akan terganggu. Setelah itu, ambil napas dalam-dalam dan bersantailah untuk merilekskan otot-otot dalam tubuh.


Part 2::
Kurang tidur seringkali dijadikan alasan mengantuk saat jam kerja. Tak sedikit dari Anda mencoba mengatasinya dengan secangkir kopi. Tetapi, tanpa disadari, minuman itu justru membuat Anda ketergantungan.

Minuman berkafein memang dapat mencegah rasa kantuk. Namun Anda patut mewaspadai efek sampingnya, mulai dari memangkas waktu tidur, mengganggu siklus dan menurunkan kualitas tidur Anda.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa tetap [..]melek[..] secara alami? Ada baiknya Anda mencoba cara berikut ini :

1. Bangun dari kursi dan berjalan-jalan sejenak
Makan permen atau berjalan-jalan cepat 10 menit. Meskipun mengunyah permen meningkatkan energi, satu jam kemudian tubuh akan kembali lelah. Sementara berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot.

2. Istirahatkan mata untuk hindari kelelahan
Nongkrong di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks.

3. Nyemil
Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti:
- Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri
- Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar

4. Ngobrol dengan rekan kerja
Jika Anda tidak konsentrasi, ngobrolah untuk membuat pikiran anda rileks sejenak. [..]Bicaralah dengan rekan kerja tentang bisnis, politik, atau agama. Ini akan menjadi perangsang yang kuat terutama pembicaraan tentang politik,[..]

5. Bikin ruang kerja lebih terang
Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.


6. Tarik nafas dalam
Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.

7. Menepilah saat mengantuk ketika mengemudi
Jika Anda berada dalam perjalanan panjang, gantilah posisi pengemudi sesering mungkin. Berhenti setidaknya setiap dua jam untuk berjalan-jalan dan mendapatkan udara segar.

8. Minum air
Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

9. Tidur siang sejenak hilangkan kantuk
[..]Jika Anda tidak dapat tidur siang karena sedang berada di kantor, maka beristirahatlah dengan menutup mata selama 10 menit atau 15 menit.

Jika Anda tak bisa berhenti mengantuk, waspadalah! Konsultasikan dengan dokter atau spesialis tidur. Mungkin Anda memiliki gangguan tidur seperti kantuk berlebihan atau narkolepsi. Jika Anda sulit tidur karena stres atau alasan lain, terapi perilaku kognitif dapat membantu mengembangkan kebiasaan tidur yang baik dan mengurangi kecemasan tidur.


sumber


Kamis, 03 Mei 2012
Author : Muhammad Qadri,



ARTIKEL TERKAIT :


COMMENT WITH FACEBOOK


 
WELCOME TO QADRIPEDIA