Manfaat Berenang dan Kekurangannya

Manfaat berenang tidak hanya untuk menjaga kesehatan tetapi juga membentuk tubuh lebih sempurna. Berenang pun cocok bagi ibu hamil, mereka yang bermasalah dengan obesitas, dan penderita gangguan persendian tulang (arthritis). Selain minim resiko terkena cedera, berikut manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan :
1. Pembentukan otot
Berenang mengharuskan Anda menggerakan hampir semua otot pada tubuh. Ketika bergerak dalam air, tubuh pun harus mengeluarkan energi lebih besar karena harus melawan massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh. Gerakan ini secara tidak langsung dapat membuat otot lebih kencang dan berbentuk.
2. Melatih pernapasan
Berenang mampu memperkuat sistem pernapasan sehingga cocok untuk penderita asma. Gerakan dalam renang bisa membuat sistem pernapasan lebih panjang dan tubuh sehat.
3. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru
Berenang bisa dikatakan sebagai latihan aerobik dalam air. Gerakan mendorong dan menendang air menggunakan anggota tubuh, khususnya kaki dan tangan mampu memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Gerakan inilah yang mampu meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru karena dilatih secara rutin.
4. Menambah tinggi badan
Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, berenang bisa membuat tubuh lebih tinggi. Bagi orang dewasa, berenang pun bisa memperbaiki postur tubuh sehingga bisa terlihat lebih tinggi.
5. Mengusir stres
Olahraga memang mampu mengusir stres. Begitu pun dalam gerakan renang yang dilakukan dengan santai dan perlahan mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak sehingga suasana hati lebih tenang. Bersentuhan dengan air pun membuat tubuh lebih sejuk sehingga mempengaruhi suasana hati dan pikiran.
Berenang memang memiliki banyak manfaat tetapi juga tidak luput dari kekurangan. Satu-satunya kekurangan olahraga ini ialah tidak baik bagi kesehatan tulang. Tidak adanya gaya gravitasi bumi ketika berenang ternyata berpengaruh buruk pada massa tulang.
Pengaruh buruk ini bisa Anda atasi dengan menyelinginya bersama olahraga lain, seperti bersepedah, berjalan kaki, atau jogging. Perhatikan juga keamanan ketika Anda berenang, terlebih jika Anda belum pandai berenang, pastikan ada yang mengawasi.
Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan ialah pemanasan sebelum berenang. Lakukan pemanasan 10-15 menit, bisa dengan mengayunkan tangan dan kaki atau berjalan-jalan sekitar kolam renang. Dapatkan manfaat berenang untuk Anda juga orang-orang yang Anda sayangi.

sumber



Jumat, 04 Mei 2012
Author : Muhammad Qadri,



ARTIKEL TERKAIT :


COMMENT WITH FACEBOOK


 
WELCOME TO QADRIPEDIA