Setelah sebelumnya membuat posting tentang Cara Menyelesaikan Rubik 3x3x3 Dalam Tujuh Langkah, kini saatnya saya membuat posting tentang langkah-langkah tersebut. Untuk setiap langkah akan dibuat satu postingan. Dan untuk kali ini akan diterangkan Langkah pertama dalam menyeleaikan rubik 3x3x3, yaitu Membuat Cross Putih.

Apakah kita harus memulai menyeleaikan rubik dengan membuat Corss Putih? Untuk warna putih memang tidak harus. Warna putih dipilih karena di saat kotak-kotak rubik masih teracak, begitu juga warnanya, maka warna putih adalah warna yang paling mudah ditemukan. Paling tidak itulah menurut pendapat dan pengalaman saya. Dan mungkin karena alasan itu jugalah kebanyakan tutorial menyelesaikan rubik dimulai dengan membuat Cross Putih.


Tujuan dari langkah ini, sebagaimana terlihat dari judulnya, adalah membuat cross putih, yaitu dengan cara meletakkan Edge Putih pada tempat yang tepat.

Tujuan dari langkah pertama menyelesaikan rubik 3x3x3

Tujuan dari Langkah Pertama


Langkah-langkah untuk membuat Cross putih adalah sebagai berikut:

  • Peganglah Rubik Anda dengan posisi Center Putih berada di atas (U) dan Center Merah di sisi depan (F)

  • Carilah Edge yang berwarna Putih-Merah dan letakkan di antara Center Putih (U) dan Center Merah (F)

    langkah pertama menyelesaikan rubik 3x3x3langkah pertama menyelesaikan rubik 3x3x3

    Benar



    F U' R U




          • Kemungkinan Anda dihadapkan pada dua kemungkina. Kemungkina pertama adalah stiker putih menghadap ke atas sedang stiker merah menghadap ke depan, dan posisi ini sudah benar. Kemungkinan kedua adalah stiker merah menghadap ke atas sedang stiker putih justru menghadap ke depan. Kalau Anda menemukan kondisi ini lakukanlah algoritma F U' R U maka stiker putih akan menghadap ke atas.

          • Putarlah rubik sehingga Center Biru ada di depan lalu carilah Edge Putih-Biru, selanjutnya lakukanlah cara di atas, maka hal tersebut tidak akan merubah Edge Putih-Merah. Ini dengan catatan ketika mencari Edge Putih-Biru Anda tidak melakukan gerakan U/U'/U2

          • Lakukan hal yang sama untuk menyelesaikan Edge Putih-Orange dan Putih-Hijau. Kalau Anda sudah meletakkan keempat Edge tersebut pada tempat yang tepat maka Anda sudah menyelesaikan Langkah Pertama dalam menyelesaikan rubik 3x3x3. SELAMAT!!!


          Cara Lain Membuat Cross

          Selain cara di atas ada cara lain membuat Cross. Berbeda dengan cara di atas yang menaruh Center Putih di sisi atas, cara yang ini justru menempatkan Center Putih di sisi bawah. Sedangkan di sisi atas adalah Center Kuning. Menempatkan Center Kuning di sisi atas sejak tahap pertama membuat kita menyelesaikan rubik dengan posisi Center Kuning selalu di sisi atas mulai dari langkah pertama sampai dengan langkah ketujuh.

          Ketika Anda sudah menguasai cara membuat Cross Putih dengan menempatkan Center Putih berada di sisi atas maka menggunakan cara ini akan dengan mudah dikuasai.langkah pertama menyelesaikan rubik 3x3x3

          Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghadapkan semua Stiker Putih dari Edge Putih-Merah, Putih-Biru, Putih-Orange, dan Putih-Hijau ke arah atas, atau sejajar dengan Center Kuning. Ketika menghadapkan Stiker putih ke atas Ana tidak perlu merisaukan kecocokan stiker Merah, Biru, Orange, dan Hijau dengan Centernya masing-masing. hal tersebut bisa kita lakukan kemudian.
          langkah pertama menyelesaikan rubik 3x3x3


          F2


          Setelah semua Stiker Putih menghadap ke atas, letakkan Center Merah di sisi depan (F) dan lakukanlah gerakan U/U'/U2 untuk menyesuaikan stiker Merah pada Edge Putih-Merah agar sesuai dengan Center Merah kemudian lakukanlah gerakan F2 agar stiker putih menghadap ke bawah.

          Letakkan Center Biru di sisi depan dan lakukanlah gerakan U/U'/U2 untuk menyeseaikan stiker Biru pada Edge Putih-Biru agar sesuai dengan Center Biru. Setelah sesuai maka lakukanlah gerakan F2. langkah pertama menyelesaikan rubik 3x3x3

          Lakukanlah hal yang sama pada stiker Orange dan Hijau sehingga stiker putih pada Edge Putih semuanya menghadap ke bawah, sejajar dengan Center Putih. Dan SELAMAT!!!



          sumber



          Minggu, 20 Mei 2012
          Author : Muhammad Qadri,



          ARTIKEL TERKAIT :


          COMMENT WITH FACEBOOK


           
          WELCOME TO QADRIPEDIA